Home Produk Ilustrasi Program Harga UnitPrudential Indonesia

SEARCH

Hasil

Monday 9 August 2010

Mengenal 34 macam kondisi kritis

Sakit kritis ataupun kondisi kritis adalah suatu hal yang tidak diinginkan siapapun, akan dibayar berapapun seseorang tidak akan mau jika harus terkena kondisi atau sakit kritis. Akan tetapi jika itu terjadi pada Anda, maka Anda atau siapapun tidak akan dapat menolaknya, yang dapat dilakukan hanyalah ikhtiar untuk mengobati atau menyembuhkannya.

Biasanya sakit kritis seperti stroke, kanker, serangan jantung dan lain-lain memerlukan biaya pengobatan yang sangat tinggi, bahkan bisa mencapai ratusan juta rupiah. PRUlink Syariah adalah salah satu program yang bisa membantu Anda atau siapapun untuk mengatasi masalah keuangan yang diakibatkan oleh sakit kritis atau kondisi kritis tersebut. Jadi, asuransi tidak bisa menyembuhkan sakit kritis, akan tetapi asuransi dapat memberikan perlindungan finansial jika Anda terkena kondisi kritis.

Ada 34 kondisi kritis yang ditanggung oleh Prudential. Apa saja itu ? pada tulisan ini kita akan bahas secara berseri 34 kondisi kritis tersebut, pengertian, penyebab, pencegahan dan lingkup pertanggungan di Prudential.


1. Serangan Jantung
Jantung
Serangan jantung (bahasa Inggris: Myocardial infarction, acute myocardial infarction, MI, AMI) adalah terhentinya aliran darah, meskipun hanya sesaat, yang menuju ke jantung, dan mengakibatkan sebagian sel jantung menjadi mati.

Penyakit jantung merupakan penyebab kematian nomor satu pada orang dewasa di Amerika. Setiap tahunnya, di Amerika Serikat:
1,5 juta orang mengalami serangan jantung.
478000 orang meninggal karena penyakit jantung koroner.
407000 orang mengalami operasi peralihan.
300000 orang menjalani angioplasti.

Penyakit jantung, stroke, dan penyakit periferal arterial merupakan penyakit yang mematikan. Di seluruh dunia, jumlah penderita penyakit ini terus bertambah. Ketiga kategori penyakit ini tidak lepas dari gaya hidup yang kurang sehat yang banyak dilakukan seiring dengan berubahnya pola hidup.

Faktor-faktor pemicu serangan jantung ialah Rokok, mengonsumsi makanan berkolestrol tinggi, kurang gerak, malas berolahraga, stres, dan kurang istirahat. (sumber : Wikipedia.org).

Apa yang dimaksud Serangan Jantung ?
Serangan jantung terjadi ketika aliran darah ke suatu bagian otot jantung terhalang. Jika aliran darah tidak bisa diperbaiki dengan cepat, bagian dari jantung tersebut akan rusak karena kekurangan oksigen dan bisa mengakibatkan kematian.



Serangan Jantung sering terjadi karena sebuah kondisi yang biasa disebut Coronary Artery Disease (CAD). Pada keadaan CAD, sekumpulan lemak yang disebut plak menumpuk selama bertahun-tahun pada bagian dalam arteri koroner (bagian arteri yang mensuplai darah dan oksigen ke jantung). Pada akhirnya, areal plak tadi menumpuk dan menghalangi aliran darah.

Saat terjadi serangan jantung, jika halangan pada arteri koroner tidak di rawat secepatnya, otot jantung akan mulai mati dan digantikan dengan bekas luka. Kerusakan pada jantung ini tidak terlalu terlihat, tetapi akan menjadi masalah yang berlangsung lama.

Beberapa masalah yang bisa dihubungkan dengan serangan jantung adalah gagal jantung dan life -threatening arrhythmias (detak jantung tidak normal). Gagal Jantung adalah sebuah kondisi dimana jantung tidak dapat memompakan darah yang cukup ke seluruh tubuh.

Tindakan cepat terhadap tanda-tanda serangan jantung akan menyelamatkan nyawa anda dan mengurangi bahaya terhadap jantung anda. Perawatan sangat efektif ketika dimulai dalam satu jam pada awal gejala terdeteksi.
Tanda-tanda dan gejala yang biasa terjadi sebelum serangan jantung adalah :
  1. Rasa sakit pada dada, rasa seperti tertekan, seperti diremas, sakit pada daerah tengah dada yang bisa terasa kuat atau ringan. Rasa sakit ini berlangsung beberapa menit kemudian hilang dan kembali lagi.
  2. Rasa nyeri di salah satu atau ke dua tangan, pungung, leher, rahang atau perut.
  3. Pernafasan terasa pendek yang berlangsung saat rasa sakit didada atau setelahnya.
  4. Tanda lainnya termasuk nausea (rasa sakit di perut), pusing atau pingsan, sering berkeringat dingin.
Jika Anda atau orang di dekat anda ada yg mengalami gejala sakit jantung, lakukanlah hal berikut :
  1. Telepon ambulan saat tanda-tanda mulai muncul.
  2. Jika gejala hilang dalam waktu kurang dari 5 (lima) menit, segera hubungi dokter anda.
  3. Usahakan menggunakan ambulan saat korban diantar ke rumah sakit, pada ambulan biasanya sudah disiapkan peralatan pertolongan pertama terhadap serangan jantung.
  4. Minum pil nitroglycerin dari dokter anda sesuai resep jika anda sudah dinyatakan punya sakit jantung.
.(Sumber : Biofircenter.com)

Faktor-faktor Risiko Penyakit Jantung Koroner
  • Memasuki usia 45 tahun bagi pria. Sangat penting bagi kaum pria untuk menyadari kerentanan mereka dan mengambil tindakan positif untuk mencegah datangnya penyakit jantung.
  • Bagi wanita, memasuki usia 55 tahun atau mengalami menopause dini (sebagai akibat operasi). Wanita mulai menyusul pria dalam hal risiko penyakit jantung setelah mengalami menopause.
  • Riwayat penyakit jantung dalam keluarga. Riwayat serangan jantung didalam keluarga sering merupakan akibat dari profil kolesterol yang tidak normal.
  • Diabetes. Kebanyakan penderita diabetes meninggal bukanlah karena meningkatnya level gula darah, namun karena kondisi komplikasi jantung mereka.
  • Merokok. Resiko penyakit jantung dari merokok setara dengan 100 pon kelebihan berat badan - jadi tidak mungkin menyamakan keduanya.
  • Tekanan darah tinggi (hipertensi).
  • Kegemukan (obesitas). Obesitas tengah (perut buncit) adalah bentuk dari kegemukan. Walaupun semua orang gemuk cenderung memiliki risiko penyakit jantung, orang dengan obesitas tengah lebih-lebih lagi.
  • Gaya hidup buruk. Gaya hidup yang buruk merupakan salah satu akar penyebab penyakit jantung - dan menggantinya dengan kegiatan fisik merupakan salah satu langkah paling radikal yang dapat diambil.
  • Stress. Banyak penelitian yang sudah menunjukkan bahwa, bila menghadapi situasi yang tegang, dapat terjadi arithmias jantung yang membahayakan jiwa.
   (bersambung).............

No comments:

Post a Comment

Hotel Promo